Home » , » Rachmat Rahardjo : BPK Perlu Mendalami Pemeriksaan Keuangan Pemkot Tegal

Rachmat Rahardjo : BPK Perlu Mendalami Pemeriksaan Keuangan Pemkot Tegal

pks-tegalkota.com, BPK sebagai lembaga yang mengemban tugas melakukan pemeriksaan keuangan Pemerintah Daerah secara profesional harus menindaklanjuti hasil pemeriksaannya apabila dalam pemeriksaan pertama memperoleh temuan yang perlu dilakukan pendalaman pemeriksaan baik diminta oleh DPRD maupun tidak . 

Pada pemeriksaan pertama BPK atas proses tukar menukar tanah milik Pemerintah Kota Tegal yang diperuntukkan bagi pembuatan TPA dengan tanah milik pihak ketiga di wilayah bokong semar , menyampaikan temuan pada obyek pemeriksaan atas kepatuhan pada perundangan-undang dengan pernyataan sebagai berikut : 

1. Adanya resiko ketidakwajaran nilai transaksi tukar menukar hasil penilaian dari tim appraisal yang ditunjuk dan dibiayai oleh pihak ketiga belum menghasilkan nilai yang wajar. 
2. Tujuan pemanfaatan tanah ruilslag untuk TPA beresiko tidak dapat tercapai 
3. Mempertanggungjawabkan kepada DPRD atas pelaksanaan tukar menukar tanah eks bengkok milik Pemkot Tegal dengan tanah bokong semar di kelurahan Kaligangsa milik PT COM dan CV TDP 
4. Memerintahkan inspektorat agar melakukan evaluasi atas pelaksanaan tukar menukar eks bengkok dan melaporkan hasilnya ke Walikota Tegal serta meminta penjelasan setoran senilai Rp 1.235.610.000,00 kepada PT COM dan CV TDP. 

Dalam penjelasan LHP BPK belum disajikan rincian berkaitan dengan yang dimaksud dengan catatan point pertama yaitu resiko ketidakwajaran nilai transaksi tukar menukar itu sejauh mana dikarenakan BPK perlu melakukan pemeriksaan lebih jauh tentunya . 

Kemudian pada point ke dua pun BPK belum bisa menyajikan detil alasannya mengapa berargumentasi bahwa tujuan pemanfaatan tanah ruislag untuk TPA beresiko tidak dapat tercapai . Maka dari dua hal tersebut sudah otomatis BPK mau tidak mau , suka atau tidak suka harus bertanggungjawab secara profesional atas hasil audit yang belum memperoleh kesimpulan final atas hal tersebut , Dan jalan untuk itu adalah melakukan audit lanjutan atau dengan kata lain melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu .

Langkah tersebut sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh BPK pada saat memerlukan penelusuran terkait dengan pendapatan Pemerintah Kota Tegal pada periode sebelumnya , dimana BPK melakukan Pemeriksaan dengan tujuan tertentu fokus pada permasalahan pendapatan . Karena itu berkaitan persoalan tersebut dimana sebagian besar Fraksi menginginkan adanya audit lanjutan dengan tujuan tertentu bahkan sudah ada fraksi yang secara resmi melayangkan surat kepada BPK maka sesungguhnya dikarenakan atas substansi hasil temuan BPK yang krusial maka secara otomatis BPK akan menindaklanjutinya agar memperoleh kesimpulan final baik ada permintaan dari luar maupun tidak. 

Namun manakala ada keinginan dari luar dan sesungguhnya hanya memberi penekanan saja tentu BPK sangat tahu apa yang harus dilakukan . Karena itu Pemerintah Kota Tegal tidak usah khawatir selama proses tukar menukar tanah sudah sesuai dengan prosedur dan dapat membuktikan bahwa apa yang menjadi rekomendasi BPK pada tahap pertama itu tidak benar ya easy going sajalah . Dipersilahkan saja BPK mau periksa lagi kapan saja siap .
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. DPD PKS TEGAL KOTA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger